Terungkap, Mengapa Gigi Ikan Hiu Putih Amat Dahsyat

Posted: Jumat, 14 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Gigi hiu putih merupakan simbol dari keganasan predator itu.Studi baru berhasil mengungkap rahasia dari gigitan hiu putih itu.Ternyata, susunan otot-otot rahang hiu ini memungkinkannya menjaga kekuatan gigitannya tanpa perlu mempedulikan seberapa lebar mulutnya terbuka.Studi ini juga menunjukkan bahwa hiu dewasa sangat diuntungkan oleh daya gigit penuh ini.

Meski hiu putih remaja memiliki kekuatan untuk mengunyah makanan seukuran manusia dewasa, rahang mereka tak akan tahan terhadap tekanan yang dihasilkan.“Susunan unik otot rahang hiu ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang perilaku makan spesies hiu lain dan bagaimana mereka merevolusi sebagai strategi keberhasilan perilaku makan mereka,” kata pemimpin studi dan mahasiswa doktoral University of New South Wales Australia Toni Ferrara.

Ahli biologi meneliti gigi hiu itu untuk mengetahui jenis makanannya. “Hiu putih memiliki gigi besar berbentuk segitiga yang berperan seperti gergaji,” kata Ferrara. Peneliti menggunakan simulasi komputer guna meneliti perilaku makan hiu ini.
Para ilmuwan menemukan, otot ikan hiu dipisahkan menjadi tendon bagian atas dan bawah. Hal ini seperti saat Anda sedang mendorong lemari es di lantai. Anda akan mendapat tenaga dorong paling kuat jika lengan Anda tegak lurus dengan lemari es. Temuan ini diterbitkan dalam Journal of Biomekanik

FAKTA UNIK SEPUTAR IKAN HIU : 
1. Seekor hiu dapat mencium bau darah dari jarak sekitar 4 Km, kemampuannya mendeteksi darah dalam air laut mencapai satu bagian darah per 100 juta bagian air laut. 
2. Kekuatan gigi seekor hiu setara dengan 6 ton per inchi persegi. 
3. Sepanjang sejarahnya, yaitu 400 juta tahun, hiu telah menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dalam menolak sel kanker dan penyakit lainnya. Hal ini telah memicu peneliti dan kalangan medis untuk meneliti sistem imunitas hiu, tujuannya untuk mencegah kanker pada manusia. 
4. Usia seekor hiu dapat mencapai 100 tahun. 
5. Hiu paling besar yang terdapat di muka bumi adalah hiu paus dengan nama latin Rhicondon typus. Panjangnya bisa mencapai 15 meter, dengan 300 jajar gigi super tajam dan ratusan gigi kecil lain di sela-selanya.
6. Sementara itu hiu terkecil adalah hiu lentera katai atau Etmopterus peryyi. Panjangnya hanya 20 cm. 
7. Hiu tidak memiliki rangka, melainkan hanya tulang rawan saja.
8. Tanpa makanan, seekor hiu dapat bertahan hidup sampai dengan 6 minggu. Rekor paling lama yang pernah teramati adalah hiu Swell dalam akuarium yang bertahan 15 bulan tanpa makanan. 

KF/v/inilah.com/ngobrolaja.com

0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!