Sekilas Tentang Penyakit Hepatitis

Posted: Kamis, 13 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Dalam masyarakat kita, penyakit hepatitis biasa dikenal sebagai penyakit kuning.Sebenarnya hepatitis adalah peradangan organ hati (liver) yang disebabkan oleh berbagai faktor.Faktor penyebab penyakit hepatitis atau sakit kuning ini antara lain adalah infeksi virus gangguan metabolisme, konsumsi alkohol, penyakit autoimun, hasil komplikasi dari penyakit lain, efek samping dari konsumsi obat-obatan maupun kehadiran parasit dalam organ hati liver.

GEJALA :
Gejala fisik yang mudah terlihat adalah urine berwarna gelap, feses berwarna putih, sedangkan kuku, kulit dan bagian putih mata berwarna kuning. Perut bagian atas membesar dan penurunan berat badan juga biasa dialami penderita penyakit hepatitis. Nafsu makan yang buruk dan nyeri ulu hati sering dijumpai pada hepatitis akut atau hepatitis kronis yang telah berkembang menjadi sirosis (cirrhosis/pengerasan hati). Gejala-gejala tersebut juga biasa disertai dengan demam. 

JENIS HEPATITIS : 
Jenis-jenis penyakit hepatitis terbagi berdasarkan penyebabnya yaitu : 
1. Hepatitis akibat infeksi virus : Hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. 
2. Hepatitis karena komplikasi penyakit lain. 
3. Hepatitis akibat konsumsi alkohol. 
4. Hepatitis akibat konsumsi obat-obatan atau zat kimia. 
5. Hepatitis karena penyakit autoimun. 
Meskipun ada beberapa jenis hepatitis, pada umumnya ada 3 macam hepatitis yang disebabkan oleh virus dan sering menyerang manusia yaitu Hepatitis A (VHA), Hepatitis B (VHB) dan Hepatitis C (VHC). Seringkali infeksi hepatitis A pada anak-anak tidak menimbulkan gejala sedangkan pada hepatitis B dan C gejala tidak akan muncul sesegera mungkin tapi beberapa tahun kemudian akan muncul gejala-gejala yang terasa mengganggu.

PENCEGAHAN : 
Saat ini telah tersedia vaksin untuk melawan hepatitis A dan B. Namun, sebaliknya untuk hepatitis C belum ada vaksin untuk mencegahnya karena dapat memicu terjadinya sirosis ataupun kanker hati. Sehingga dianjurkan bagi diri kita masing-masing untuk berhati-hati sehingga tidak tertular penyakit tersebut dan berusaha untuk menghindari kontak dengan cairan tubuh orang lain. Selain dengan pemberian vaksin ternyata ada beberapa langkah hidup sehat yang wajib dipraktekan agar kita terhindar dari infeksi virus hepatitis, diantaranya adalah :
- Hindari seks bebas
- Hindari penggunaan narkotika dengan bertukar jarum suntik.
- Transfusi darah, (penderita Hepatitis B dan C tidak diperkenankan mendonorkan darahnya). 
- Cuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas di kamar mandi.
- Hindari mengkonsumsi ikan yang masih mentah dan kemungkinan telah terkontaminasi dengan air kotor. 
- Hindari penggunaan pisau cukur, gunting kuku, sikat gigi secara bersamaan. 


0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!