Puncak Hujan Meteor Leonid

Posted: Rabu, 19 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Hujan meteor Leonid mencapai puncaknya pada Kamis dini hari tadi.Namun, diperkirakan bulan bersinar terang dan mengaburkan kembang api itu.Hujan meteor Leonid paling terkenal adalah pada 1998-2002.Saat itu, hujan meteor ini dapat terlihat jelas. “Tahun ini, bulan akan sedikit penuh dan hujan meteor terjadi pada 18 November (03.00 - 05.00 WIB).Sayangnya, peristiwa ini akan tertutup bulan,” kata direktur Science Popularisation Association of Communications and Educators (SPACE). Hujan meteor Leonid ini paling terlihat indahnya dibelahan bumi bagian Asia, dini hari tadi ada ratusan bintang jatuh mencapai 300 - 500 bintang jatuh dalam per-jamnya. 

Para pengamat langit dapat pergi ke wilayah yang gelap jauh dari cahaya kota, dan mencoba melihat langsung ke langit sebelum subuh. Meteor ini biasa disebut sebagai bintang jatuh.Bintang jatuh bisa dilihat tiap malam, tapi jika bintang jatuhnya dalam jumlah banyak maka hal itu disebut hujan meteor. Hujan meteor terjadi ketika bumi melintasi orbit komet. Ketika komet bergerak pada orbitnya, komet meninggalkan debu dan materi batuan. 

Leonid berasal dari sebuah komet bernama Tempel-Tuttle yang membuat jalur seperti laso mengelilingi matahari setiap 33 tahun. Komet ini mendapatkan nama dari lokasinya yang berada di konstelasi Leo. 

KF/v/inilah.com
Hujan Meteor Leonid di beberapa tempat di Asia & Amerika - 18 November 2009

0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!