Ilmuwan Cari Harta Ilmiah Di Laut Mati

Posted: Jumat, 14 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Para ilmuwan melakukan pengeboran di Laut Mati untuk mencari harta ilmiah yang tersembunyi di balik lumpur dan sedimen berusia 500 ribu tahun.Laut Mati merupakan kawasan yang unik.Sebagai tempat terendah di bumi dengan ketinggian 422 meter di bawah permukaan laut, ilmuwan ingin meneliti sedimentasi tanah untuk menjawab pertanyaan ilmiah terkait geologi, arkeologi bahkan wawasan baru soal perubahan iklim. 

Ulrich Harms, ilmuwan Jerman yang mengepalai International Continental Drilling Program, pemberi dana utama proyek tersebut, mengatakan “Hasil penelitian nantinya  merupakan arsip yang sempurna terkait peristiwa kekeringan, banjir dan perubahan iklim yang terjadi dalam rentang waktu yang lama.” 

Laut Mati berhubungan dengan sungai Yordan sehingga terjadi penumpukan sedimentasi selama jutaan tahun dalam jumlah yang banyak dan utuh. Ini memungkinkan ilmuwan melihat inti lumpur dan sedimentasi untuk menentukan tipe iklim yang mendominasi pada periode tertentu. Keberadaan lumpur ditandai dengan lapisan gelap dan terang yang terkait periode kering dan banjir. Pada akhirnya, ilmuwan bisa memperkirakan catatan sejarah soal perubahan iklim. 

"Kita bisa tahu apakah 398.494 tahun lalu merupakan masa penghujan atau tidak. Kita juga bisa memperkirakan gempa bumi saat itu," kata Ben-Avraham yang meneliti Laut Mati selama lebih dari 30 tahun.Proyek ini juga dapat membantu para ilmuwan mempelajari tentang tingkat fluktuasi Laut Mati. Danau telah menyusut secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir, terutama karena ekstraksi air meningkat dari sungai Yordan ke Israel, Palestina dan Yordania. 

KF/v/ultimosegundo.ig.com

0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!