Kanker Payudara Bisa Menyerang Pria

Posted: Jumat, 14 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim di antara kanker yang menyerang wanita Indonesia.Akan tetapi Kanker payudara ternyata bukan monopoli kaum wanita.Kaum pria pun bisa mengalaminya. Meski angkanya relatif kecil yakni hanya sekitar 1%.Kanker payudara pada pria harus diwaspadai sejak dini karena bisa mengakibatkan kematian sebagaimana yang terjadi pada wanita. Insiden kanker payudara pada dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan meningkat. Di Indonesia kanker payudara menduduki tempat kedua dari sepuluh terbanyak setelah kanker mulut rahim di tempat pertama. 

Penyebab : 
Dapat dicatat bahwa faktor penyebab kanker payudara sampai saat ini belum diketahui pasti, namun dapat dicatat pula bahwa penyebab itu sangat mungkin multifaktorial yang saling mempengaruhi satu sama lain, taitu : 
1. Faktor genetika 
2. Pengaruh hormon 
3. Virogen atau faktor virus 
4. Pola makan -Terutama makanan yang banyak mengandung lemak 
5. Pengaruh radiasi didaerah dada

Kanker payudara yang dijumpai pada wanita sama dengan kanker payudara diidap pria, baik jenis maupun macamnya.
Biasanya penderita mengeluh adanya benjolan di payudara, rasa sakit di payudara, cairan dari puting susu, adanya eksim di sekitar areola puting susu, adanya ulserasi atau borok di daerah payudara, pembesaran kelenjar getah bening atau benjolan di daerah ketiak. Sel kanker payudara yang pertama dapat tumbuh menjadi tumor sebesar 1 cm dalam waktu 8-12 tahun. Sel kanker tersebut diam pada kelenjar payudara. Sel-sel kanker payudara ini dapat menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh.Kapan penyebaran itu berlangsung, kita tidak tahu. Sel kanker payudara dapat bersembunyi di dalam tubuh kita selama bertahun-tahun tanpa kita ketahui, dan tiba-tiba aktif menjadi tumor ganas atau kanker. 

Deteksi
Untuk mendeteksi adanya kanker payudara bagi kaum perempuan maupun pria adalah dengan melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Tindakan ini sangat penting karena hampir 85% benjolan di payudara ditemukan oleh penderita sendiri. Apabila ada tanda tanda yang mengarah pada gejala kanker, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!