Parenting : Makanan Sehat Untuk Bayi Anda

Posted: Jumat, 14 Januari 2011 by Anshori Muhajir in Label:
0

Makanan yang sehat untuk si buah hati harus memiliki kaidah 4 sehat dan 5 sempurna. Makanan tersebut harus mengandung semua komposisi yang dibutuhkan oleh bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Sebaiknya hindari penggunaan garam hingga si kecil berusia 1 tahun, dan jangan biasakan mereka mengkonsumsi gula atau makanan manis.

makanan untuk usia 6 bulan bisa berupa makan lembut yang seiring pertumbuhannya bisa diberikan makanan kasar. Usia 1 tahun sudah dapat mengkonsumsi makanan dewasa. Jadwal makan adalah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, sore atau malam. Pagi sebaiknya makanan setengah berat (bubur susu, oat meal, roti, biskuit). Makan siang dapat berupa buah padat yang dicampur susu (alpukat, apel kukus, pear kukus, labu kuning). Sedangkan untuk sore hari adalah makanan yang berat.

Karbohidrat

Sumber karbohidrat untuk bayi berusia 6 bulan dapat diperoleh dari tepung beras, tepung maizena, biskuit. Kemudian berangsur-angsur diganti dengan kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti, oat meal, dan nasi (bubur atau tim).

Protein dan lemak

Untuk usia bayi 6-8 bulan, sumber protein dan lemak dapat diperoleh dari susu, yoghurt, kuning telur, keju, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, daging cincang, dan hati. Sedangkan untuk usia 9 bulan, dapat diberikan ikan.

Vitamin dan mineral

Sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, dan alpukat. Sedangkan untuk sayur dapat diperoleh dari kacang polong, wortel, brokoli, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, dan sawi hijau.


0 komentar:

Spoiler
Kode Shoutmix Anda Taruh Disini!!!